CARA AKTIVASI AKUN SISWA di PADAMU NEGERI

Hari-hari menjadi operator sekolah kini menjadi semakin rumit, setelah pendataan offline dan online melalu dapodik, kini para operator sekolah selama bulan ramadan ini disibukkan kembali dengan yang namanya verval nuptk online di padamu negeri. Bagi saya pribadi sebenarnya pendataan online tidak masalah walau harus duduk di muka komputer karena memang saya hobi juga online. Bahkan begadang karena online itu hal biasa jadi pendataan seperti halnya dulu dapodik yang hanya bisa terbuka tengah malam atau subuh itu bisa diatasi namun padamu negeri ini benar-benar membosankan karena sepertinya ini sangat tidak siap. Saat sedang login dan mengisi data lalu tiba-tiba perawatan maka hilanglah semua isian yang kita isi karena dia tidak tersimpan otomatis.
Baiklah, kembali ke inti cerita postingan ini. Sepertinya halnya yang tertulis di judul Cara Input Data Siswa di Padamu Negeri. Sebagaimana diketahui ternyata pekerjaan operator sekolah tidak hanya sampai sebatas memverval akun ptk namun ternyata lebih dari itu bahkan untuk Kepala Sekolah tidak bisa melakukan verval Lv.2 kalau isian data guru dan siswanya tidak lengkap [rumit].
Nah, sambil menunggu akun aktivasi siswa ini dibuka, saya mencoba untuk berbagi bagaimana cara input data siswa di padamu negeri. Berikut langkah-langkahnya :
Pertama, tentu buka link http://padamu.siap.web.id/ dan loginlah ke akun sekolah anda masing-masing
Kedua, saat sudah dalam akun, silakan klik gambar di atas yang mirip dengan topi raja seperti gambar dibawah ini

sumber : pribadi
Ketiga, setelah anda mengklik itu maka akan berpindah ke suatu halaman seperti gambar dibawah ini maka klik tulisan Sekolah dan conteng Administrasi beta dan selanjutnya klik tab bertulis Siswa & Alumni seperti yang ada di gambar dibawah ini


sumber : pribadi
Keempat, setelah anda melakukan hal tersebut maka akan tampil halam siswa & alumni, silakan anda klik dibagian siswa & alumni tulisan lihat semua fitur atau bisa juga klik tulisan siswa pada bagian sebelah kiri, seperti yang terlihat digambar bawah ini

sumber : pribadi
Kelima, selanjutnya silakan klik tulisan daftar siswa, seperti gambar ini

sumber : pribadi
Keenam, saat tampilan daftar siswa terbuka, lihatlah di sebelah kanan akan terlihat seperti gambar dibawah ini, klik tab yang bertulis upload data siswa
sumber : pribadi
Selanjutnya, rekan-rekan dapat meng-input data siswa secara manual (satu persatu) dengan KLIK tanda tambah diatas ( + ), atau dapat juga dengan UPLOAD data dengan terlebih dahulu mengerjakan dengan dalam bentuk XLS, itu tergantung dari rekan-rekan yang mana paling muda rekan kerjakan.

Cara UPLOAD berikut Penjelasan lanjutannya :Akan tampilan pop up yang berisi perintah mengupload data siswa seperti gambar dibawah ini, untuk mengetahui format siswa yang mesti diunggah silakan klik unduh format siswa kemudian silakan isi sesuai format tersebut dan jangan lupa filenya harus berekstensi XLS. Kalau sudah mengisi maka silakan klik pilih file dan cari file yang tadi anda simpan lalu klik unggah.

sumber : pribadi
Dan anda selesai meng-INPUT data Akun SISWA.

Selanjutnya Print AKUN AKTIVASI untuk siswa !!
Berikut Penjelasannya ::

Setelah Data siswa masuk dalam Akun sekolah saatnya untuk Cetak Tanda Bukti Akun, dengan kembali memasuki data Siswa Dasbor seperti gambar dibawah !









klik Daftar Siswa, maka akan muncul seperti gambar berikut;













Terdapat Segitiga kecil ujung kanan dengan kata CETAK TANDA BUKTI AKUN, maka dengan ini PR dan Kerja Berat tambahan buat rekan-rekan Operator dimulai.

Mudah-mudahan bermanfaat, untuk saling berbagi ilmu dan kendala silahkan simpan komentar dibawah ya !!!
Salam DUNIA PENDIDIKAN

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buku Pegangan Kurikulum 2013 dapat di Akses melalui Rumah Belajar

Cara Cek Jadwal & Lokasi Pelatihan Kurikulum 2013 untuk Guru/PTK

CARA INPUT DATA SISWA di PADAMU NEGERI