DUNIA PENDIDIKAN

Jumat, 12 Juli 2013

Cara Mengganti Password pada Login PTK Apabila terlupakan

Salam Dunia Pendidikan. Walau belum sukses ke tahap VerVal Level 2, tapi sudah lega rasanya mengikuti alur VerVal NUPTK 2013. Karena proses pemutakhiran atau verifikasi dan validasi (VerVal) NUPTK 2013 ini memang agak membingungkan dan merepotkan (kalau tidak dipahami), tapi sebenarnya mudah (kalau mengikuti prosedur). Sesuai judul di atas, kali ini saya ingin berbagi tentang cara mengatasi password yang lupa pada saat login PTK Padamu Negeri.

Pada proses VerVal NUPTK, setelah admin mengaktivasi akun dan berhasil login, selanjutnya admin sekolah Padamu mengentri formulir A01 PTK dan mencetak tanda bukti verval level 1. Setelah PTK menerima Tanda Bukti VerVal Level 1, PTK melakukan aktivasi akun PTK yaitu membuat akun baru SIAP Padamu Negeri untuk PTK. Pada saat membuat akun, PTK sebaiknya mencatat userID yang berupa NUPTK dan password untuk login PTK. Nah..biasanya pada saat aktivasi akun PTK, password yang dibuat tidak dicatat, jadi bisa jadi hilang, atau lupa, atau bahkan tidak mengerti cara login PTK.

Seperti yang saya alami sendiri, ketika pertama melakukan login PTK saya dapat berhasil melakukannya, tapi di lain waktu saya mencoba login namun tidak berhasil, padahal saya yakin NUPTK dan password sudah benar. Tapi memang akibat terlalu banyak akun yang saya punya dan setiap akun mempunyai password yang berbeda, jadi mungkin saja password jadi lupa. Wah..saya awalnya sempat bingung juga bagaimana cara mengatasi lupa password untuk login PTK. Tapi akhirnya saya menemukan caranya juga, dan ternyata mudah. Dengan cara ini PTK yang lupa password akan direset atau dikembalikan password nya ke password standar yaitu kode aktivasi yang digunakan pada saat melakukan aktivasi akun PTK. Baiklah berikut ini akan saya berikan cara mudah mengatasi guru lupa password saat login Padamu Negeri...

PTK melaporkan kepada Admin/Operator Sekolah Padamu Negeri bahwa PTK tidak bisa login karena lupa password

Operator mencatat NUPTK yang bersangkutan

Operator melakukan login sekolah di http://padamu.siap.web.id/
Jika berhasil login akan tampil halaman seperti berikut ini
 




Kemudian klik menu Verifikasi dan Validasi




pada halaman tersebut, pilih dan klik Daftar Status VerVal NUPTK...akan muncul daftar nama PTK yang sudah diverval




Pada daftar status verval pilih nama pendidik dan tenaga kependidikan yang akan direset passwordnya, caranya klik tanda panah di sebelah kanan dan akan ada pilihan apakah akan cetak ulang tanda bukti atau atur ulang password. Pilih dan klik Atur Ulang Password, maka akan muncul pertanyaan konfirmasi apakah anda ingin mengatur ulang password PTK seperti berikut ini..


Pilih "Ya" untuk mereset ulang password, lalu siapkan printer untuk mencetak surat tanda bukti password baru atau surat pemberitahuan reset password PTK. Kalau sudah diprint maka operator akan mendapatkan Surat Pemberitahun Reset / Pengaturan Ulang Password yang berisi User_ID berupa NUPTK, Nama PTK dan Password Baru yang dapat digunakan untuk login PTK sebagai pengganti password yang lupa atau hilang, ini dia contoh suratnya....



Nah...kalau sudah ada pengganti password baru tersebut, operator segera memberikan surat tersebut kepada PTK yang lupa password. Lalu silakan PTK melakukan login di http://padamu.siap.web.id/ dan simpan surat password baru tersebut dan catat password baru tersebut, jangan sampai hilang lagi atau lupa lagi.

Demikianlah cara mereset password untuk mengatasi masalah lupa password saat PTK melakukan login di Padamu Negeri. Semoga bermanfaat.

Cara Cek Hasil UKG/UKA 2013 dan Calon Peserta PLPG Tahun 2013

Salam Dunia Pendidikan. Setelah menunggu kurang lebih 1 bulan dari pelaksanaan UKA-UKG 2013 tanggal 8 s/d 15 Juni 2013 lalu, akhirnya website sergur.kemdiknas.go.id mengumumkan hasil kelulusan UKG 2013 dan merilis Daftar Calon Peserta Sertifikasi Guru 2013. Daftar Calon Peserta Sertifikasi 2013 ini, terdiri dari peserta limpahan PLPG 2012, peserta tidak lulus UKA 2012 dan lulus Diklat Pasca UKA 2012, dan peserta lulus UKG 2013. Tapi, seperti biasa, sudah menjadi ciri khas website kemdikbud setiap kebanjiran pengunjung, pasti server mendadak down dan sulit diakses. Nah..kali ini saya sempatkan memberikan cara cek pengumuman hasil UKA-UKG Online 2013 sekaligus melihat daftar calon peserta sertifikasi guru 2013 di sergur.kemdiknas.go.id.

Tahun 2013 ini kemdikbud menyelenggarakan UKG 2013 secara online sebagai syarat mengikuti proses sertifikasi guru tahun 2013. Tahun ini tercatat ada 700 ribu guru yang menjadi peserta definitif UKG. Para guru  bersaing untuk bisa masuk dalam program sertifikasi 2013 dan lolos untuk mengikuti PLPG 2013. Kuota sertifikasi guru 2013 nasional sendiri cukup terbatas, yakni hanya 350 ribu guru. Itu artinya hampir separuh peserta UKG dipastikan bakal gugur. Awalnya kuota peserta seritifikasi guru 2013 dipatok 250 ribu guru. Tetapi Kemendikbud memastikan kuota tadi ditambah sebesar 100 ribu guru, sehingga kuotanya bertambah menjadi 350 guru. Sementara itu diperkirakan pelaksanaan PLPG 2013 ini berlangsung Agustus mendatang.

Baiklah, berikut ini cara cek hasil UKG 2013 dan calon peserta sertifikasi 2013 melalui sergur.kemdiknas.go.id

Pertama, buka alamat sergur.kemdiknas.go.id




Pilih Daftar Calon Peserta Sertifikasi Guru 2013, maka akan menuju halaman seperti ini...





Kemudian pada menu sebelah kanan atas, pilih Kriteria, untuk menampilkan peserta dengan pilihan per kabupaten/kota, atau pilih Pencarian untuk mencari peserta melalui NUPTK

Jika pilih Pencarian, maka akan keluar kotak untuk memasukkan NUPTK, seperti ini...


 Masukkan NUPTK anda kemudian klik ikon pencarian di sebelah kanan kotak ...


Ada 3 kemungkinan yang dihasilkan, yaitu :

1. Jika sudah mengikuti UKG 2013 tapi dianggap belum memenuhi syarat sebagai calon peserta sertifikasi 2013 maka akan tampil keterangan seperti gambar di bawah ini..., bagi peserta UKG ini tetap tercatat sebagai calon peserta sertifikasi guru pada tahun berikutnya.

rodajaman.blogspot.com

2. Jika sudah mengikuti UKG 2013 dan memenuhi kuota peserta sertifikasi tahun 2013, maka akan tampil seperti ini...


3. Jika hasil pencarian NUPTK dan hasilnya seperti gambar di bawah ini, berarti anda sudah mengikuti UKG 2013 dan memenuhi syarat sebagai peserta sertifikasi 2013 tetapi masih diluar kuota, dan peserta ini masih mungkin menjadi peserta sertifikasi 2013 tergantung kuota di kabupaten tersebut. Jika masih diluar kuota samapi batas waktu penetapan berakhir, maka data dicatat sebagai peserta sertifikasi tahun berikutnya.



Demikian cara cek hasil UKG 2013 dan cek calon peserta sertifikasi 2013 dengan pencarian NUPTK.

Selain cara di atas, untuk mengetahui hasil UKG 2013 dan calon peserta sertifikasi 2013 juga dapat memilih melalui Kriteria sesuai Provinsi dan Kabupaten/Kota


Pilih Provinsi dan Kabupaten/Kota, jika berhasil maka akan keluar hasil calon peserta sertifikasi 2013 sesuai kriteria seperti contoh dibawah ini...

,

Untuk melihat halaman selanjutnya, klik pada angka 2, 3, 4, dan seterusnya, data akan diurutkan berdasarkan umur dan masa kerja dan sampai batas jumlah kuota per kabupaten/kota tersebut. Oiya, kemungkinan kuota akan berubah tergantung tambahan atau pengurangan kuota sampai batas akhir penetapan peserta sertifikasi 2013. Bagi guru yang mengikuti UKG 2013 baik yang sudah masuk maupun belum masuk kuota 2013, agar memantau secara rutin karena mungkin data sewaktu-waktu dapat berubah.

Semoga bermanfaat. terimakasih, salam Dunia Pendidikan.

Rabu, 03 Juli 2013

Cara Input Formulir A01 dan Cetak Tanda Bukti VerVal Lv. 1 di PADAMU NEGERI

Salam Dunia Pendidikan. Kita masih setia "Padamu", kali ini saya coba posting untuk memenuhi pertanyaan rekan rodajaman tentang bagaimana cara mengisi formulir A01 atau cara entri formulir A01 di layanan Padamu Negeri dan cara cetak Tanda Bukti VerVal Level 1 oleh Operator Sekolah. Proses Verifikasi dan Validasi atau VerVal NUPTK 2013 memang melalui beberapa alur yang harus dilakukan oleh seorang PTK agar NUPTK dinyatakan aktif dan resmi terdaftar di BPSDMPK-PMP.

Jika seorang PTK mencoba mengecek data dan mengunduh formulir, maka bisa jadi setiap PTK akan berbeda jenis formulir yang didapatkan tergantung kelengkapan data NUPTK. Biasanya kalau data yang ditemukan disana tertera nomor NPSN sekolah dan PTK masih aktif di sekolah tersebut, maka dipastikan akan mengunduh formulir A01. Tetapi jika hasil pencarian data disana ada keterangan NPSN belum diverifikasi, berarti akan mendapatkan formulir A03. Kalau yang diterima Formulir A01 maka bisa langsung diserahkan ke operator/admin sekolah untuk diproses verval level 1. Sedangkan untuk Formulir A02 dan A03 diserahkan ke operator dinas kabupaten/kota untuk diproses dan dicetak menjadi Formulir A01.

Sebelumnya sudah saya posting tentang cara aktivasi akun dan login sekolah di Padamu Negeri. Setelah operator dapat melakukan login sekolah, maka proses VerVal dapat segera dilakukan. Operator sekolah selanjutnya memproses jenis Formulir A01 yang sudah diisi, yaitu mengisi dan mengentri berdasarkan data pada formulir A01. Untuk lebih jelasnya berikut ini saya berikan cara entri Formulir A01 dan cara cetak tanda bukti VerVal Level 1 di Padamu Negeri oleh Operator Sekolah...

Buka http://padamu.siap.web.id/, pilih Login Sekolah



Kemudian akan menuju halaman https://paspor.siap-online.com/cas/login?&service=http://simpadamu.siap.web.id/


Masukkan NPSN dan Password lalu klik login, akan masuk di halaman SIAP Padamu Negeri di http://simpadamu.siap.web.id/NPSN anda..dan jika berhasil login maka akan tampil halaman seperti ini...


Perhatikan pada menu bilah samping, terdapat menu Sekilas yang menampilkan menu informasi lainnya, lalu ada Direktori PTK, menampilkan Daftar Pendidik dan Tenaga Kependidikan dan menu Pengajuan NUPTK Baru untuk pengisian Formulir A05, serta menu Verifikasi dan Validasi.

Nah..untuk mengisi atau entri Formulir A01, anda bisa langsung klik menu Verifikasi dan Validasi, dan pilih tombol Entri Formulir A01..seperti gambar di bawah ini...



Setelah itu akan keluar pilihan nama PTK yang akan anda entri, kalau sudah pilih lalu klik pada nama PTK tersebut, dan akan keluar lembar data formulir pegawai yang harus diisi sesuai data pada formulir cetak yang telah diisi oleh PTK seperti ini...
  

Pertama isi kode formulir, lihat kode formulir A01 yang ada pada formulir A01 versi cetak, lalu isi NIK (Nomor Induk Kependudukan) berdasarkan KK atau KTP, selanjutnya isi nama lengkap (sesuai ijazah atau akta kelahiran), isi tempat tanggal lahir (sesuai ijazah atau akta kelahiran), jenis kelamin, dan nama ibu kandung, kalau sudah terisi semua lalu klik Lanjut...maka akan menuju lembar kedua formulir tentang data kepegawaian
  

Pada lembar kedua formulir A01 ini, yang harus diisi yaitu pilih jenjang pendidikan terakhir, pilih tahun lulus sekolah dasa, pilih salah satu fungsi pendidik (guru atau staf), pilih jabatan di sekolah induk (jika tidak memiliki jabatan kosongkan saja), pilih status kepegawaian (PNS atau NON PNS), serta pilih status sertifikasi guru (belum atau sudah), kalau sudah diisi semua kemudian klik Lanjut...maka akan menuju halamn konfirmasi


Pada halaman konfirmasi akan menampilkan data yang telah diisi sebelumnya, cek dan lihat kesesuaian data, kalau sudah benar dan yakin tidak ada kesalahan, lalu klik Simpan...maka akan keluar perintah Cetak Tanda Bukti Verval Level 1...


Dengan demikian anda sudah menyimpan data formulir A01 PTK, kemudian anda bisa langsung cetak lembar VerVal level 1 sebagai tanda bukti bahwa data sudah diverifikasi dan divalidasi tahap pertama dengan mengklik tombol Cetak..kalau berhasil cetak maka Surat Tanda Bukti VerVal Level 1 dapat diserahkan kepada PTK agar PTK melakukan aktivasi akun dan login di Padamu Negeri.

Cara Aktivasi Akun PTK dan Login SIAP PADAMU NEGERI

Salam Dunia Pendidikan. Apakah rekan guru/PTK sudah mendownload formulir A01, A02, A03, atau A04 di Padamu Negeri? dan apakah rekan operator sudah melakukan aktivasi akun sekolah dan login di Padamu Negeri? Kalau sudah, berarti saatnya PTK untuk melakukan aktivasi akun PTK dan mencoba login PTK di Padamu Negeri. Nah..kali ini rodajaman akan berikan cara aktivasi akun guru, kepala sekolah, pengawas, maupun tata usaha dan cara login di layanan Padamu Negeri.

Kenapa PTK harus melakukan aktivasi akun, kapan dan bagaimana cara aktivasi akun PTK?
Aktivasi akun oleh PTK merupakan salah satu prosedur atau alur yang harus dilakukan oleh PTK. Dalam proses verifikasi dan validasi NUPTK 2013, bagi PTK yang telah mendapatkan dan mengisi formulir A01 kemudian data formulir A01 dientri oleh operator sekolah di Padamu Negeri lalu PTK akan menerima Surat Tanda Bukti VerVal NUPTK Level 1. Pada Surat Tanda Bukti VerVal Level 1 terdapat kode user ID dan kode aktivasi. User ID dan Kode Aktivasi inilah yang digunakan untuk melakukan aktivasi akun PTK di http://padamu.siap.web.id/.

Berikut ini cara atau langkah-langkah aktivasi akun PTK Padamu Negeri..

Buka situs Padamu Negeri, di padamu.kemdikbud.go.id atau Link Alternatif Padamu Negeri http://118.98.222.83/


Pilih menu Login, maka akan dialihkan ke alamat http://padamu.siap.web.id/
kemudian pilih tombol Login / Aktivasi Akun bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan


Pilih dan klik Aktivasi Akun PTK, maka akan menuju halaman aktivasi PTK di http://aktivasi.siap.web.id/ptk

Masukkan UserID/NUPTK/PegID dan Kode Aktivasi yang terdapat pada lembar surat tanda bukti verval level 1, lalu klik tombol Lanjut...Jika berhasil masuk, maka akan menuju halaman yang berisi data pribadi anda yang telah diisi oleh operator sekolah.

Baca dan lihat dulu profil data anda mulai dari nama, tanggal lahir, tempat tugas, dan NUPTK, jika ada kesalahan harap menghubungi Operator Sekolah untuk diperbaiki datanya termasuk data pembuatan akun baru...

   

Pada lembar di atas, diharapkan agar berhati-hati dan teliti, karena pada dasarnya kita akan membuat akun SIAP PADAMU NEGERI yang akan digunakan untuk VerVal NUPTK. Centang pada "Saya ingin membuat Akun baru", Username sudah tersedia, biasanya username menggunakan NUPTK, lalu pada kotak Password, isilah dan buatlah Password baru (terserah, seperti membuat password akun-akun lain) dan ulangi Password di kotak bawahnya, kalau sudah klik Lanjut...



Pada halaman konfirmasi seperti gambar di atas, kita diberikan kesempatan untuk meneliti Biodata Diri serta Data Login username dan password yang telah dibuat, jika dirasa sudah benar maka klik tombol Simpan...


Jika sudah melakukan aktivasi dan membuat akun PTK selanjutnya anda dapat melakukan login di http://padamu.siap.web.id/, cara login PTK adalah sebagai berikut...

Buka situs Padamu Negeri atau langsung ke halaman login di http://padamu.siap.web.id/
kemudian pilih dan klik Login PTK maka akan menuju ke halaman  Padamu di https://paspor.siap-online.com/cas/login?&service=http://padamu.siap.web.id/login

Masukkan SIAP ID atau NUPTK dan masukkan password yang sudah dibuat saat aktivasi akun PTK sebelumnya, kemudian klik login...maka akan menuju halaman PTK - SIAP Padamu Negeri.


Kalau sudah berhasil masuk di SIAP Padamu Negeri, disinilah VerVal NUPTK 2013 tahap selanjutnya dilakukan sampai akhirnya NUPTK anda dinyatakan Permanen Aktif dan Resmi Terdaftar di BPSDMPK-PMP di tahun 2013.

Semoga Bermanfaat !